Ternyata Air Terjun di Wakanda Beneran Ada Didunia

Foz do Iguacus – Wakanda, kota fiktif Afrika dalam film ‘Black Panther’ mempunyai air terjun yang sangat indah. Air terjun cantik itu ternyata ada di dunia nyata. Di mana ya?

Black Panther yang diproduksi Marvel sedang ramai dibicarakan dunia. Film yang berltar di Wakanda, kota fiktif di Afrika ini memiliki alam yang kaya dan cantik. Salah satu latar yang mencuri perhatian adalah air terjun. Air terjun ini diperlihatkan tatkala T’Challa dinobatkan menjadi Raja Wakanda.

Dikumpulkan detikTravel dari beragam sumber, Kamis (22/2/2018) air terjun di Wakanda terinspirasi dari Air Terjun Iguazu, walau sebenarnya syuting adegan ini di dalam studio. Air terjun ini berada di perbatasan Argentina dan Brazil.

Tidak hanya di film Black Panther, Air Terjun Iguazu juga sering muncul di film-film Hollywood. Air terjun ini terkenal karena selain sangat besar juga memiliki pemandangan yang sangat cantik. Di sekitarnya terdapat pemandangan hijau berupa hutan hujan tropis masih terjaga dengan baik. Kawasan di sekitar Air Terjun Iguazu memang ditetapkan sebagai kawasan Taman Nasional agar air terjun cantik ini tetap terjaga kondisinya.

UNESCO pun telah menetapkan Air Terjun Iguazu sebagai salah satu World Heritage List. Keajaiban alam di Iguazu menjadi rumah bagi kurang lebih 2.000 spesies flora dan fauna khas Amerika Latin, seperti Jaguar, Howler Monkeys sampai Buaya Cayman.

Nama Iguazu sendiri berasal dari bahasa Tupi-Guarani yang kerap digunakan penduduk Amerika Selatan, terutama di bagian timur laut Argentina dan Barat Daya Brasil. Jika dipisahkan suku katanya mengandung makna ‘y’ yang artinya air, dan ‘uasu’ yang berarti besar. Jadi, Iguazu adalah air mengalir yang sangat besar.

Ketinggian Air Terjun Iguazu bervariasi, mulai dari 60 sampai 82 meter. Sedangkan diameter air terjunnya membentar sepanjang lebih kurang 2,7 Km. Juga terdapat 275 anak air terjun di berbagai tingkat. Wow!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *