Punya Batik Print Kain? Ini Cara Perawatannya

Batik merupakan sebuah kerajinan yang khas dari Indonesia. Harganya juga akan sesuai dengan cara pembuatan print kain sehingga Anda perlu mengetahui cara terbaik untuk merawatnya. Perawatan yang baik akan membuat batik Anda tidak mudah pudar dan tahan lama. Berikut cara merawat kain batik yang Anda miliki dengan mudah dan sederhana.

Bagaimanakah Cara Mencuci Batik Print?

Cara perawatan batik dimulai dari cara mencucinya. Saat mencuci gunakan air yang dingin jangan menggunakan air panas. Gunakan sabun yang lembut saat pencucian seperti sampo bayi agar tidak mempengaruhi warna batik warna batik Anda tidak luntur atau memudar. Caranya dengan membuat Larutkan shampo ke dalam air ke satu ember.

Setelah itu masukkan kain Anda ke dalam ember dan diamkan hanya selama 10 menit sampai 15 menit. Kemudian kucek dengan lembut dan perlahan lalu bilas sampai bersih tanpa meninggalkan bekas sabun. Jika terdapat noda makanan pada batik printing, Anda bisa menghilangkannya dengan menggunakan kulit jeruk dengan diusap beberapa kali.

Bagaimanakah Cara Mengeringkan yang Benar?

Cara mengeringkan batik print kain dengan menggantungkannya sehingga tidak tercampurkan dengan kain yang lainnya. Kain yang tahan lebih lama dari segi bahan adalah kain batik dengan bahan katun. Jika berbahan katun, Anda mengeringkannya jang langsung terkena sinar matahari, Anda bisa mengeringkannya di luar jika cuaca tidak terlalu panas.

Bolehkah Memberikan Parfume pada Kain Batik?

Parfume memiliki kandungan bahan aktif yang dapat merusak motif dan warna batik Anda, apa lagi jika digunakan secara langsung. Cara menggunakan parfume pada kain batik bisa Anda lakukan saat menggunakannya dengan memberikannya pada pakaian dalam atau pada kulit.

Bagaimanakah Cara Penyimpanan yang Tepat?

Cara menyimpan kain batik ialah dengan cara dilipat atau digantung agar tidak menimbulkan bekas lipatan. Lipatan yang terjadi pada kain batik print bisa membuatnya menjadi rusak. Simpan pada tempat yang tidak lembap.

Pastikan batik Anda telah kering secara menyeluruh sebelum disimpan. Penyimpanan di tempat yang memiliki kelembapan tinggi akan membuat motif batik Anda menjadi pecah-pecah. Anda bisa mengurangi kelembapan pada kain batik dengan menyetrikanya sebelum disimpan.

Penyimpanan akan semakin awet di dalam lemari dengan meletakkan merica yang telah dicuci bersih kemudian masukkan merica ke dalam tisu. Letakkan merica di kain batik Anda dan jangan menggunakan kapur barus karena zat padat ini sangat keras sehingga dapat merusak kain.

Perawatan yang baik akan membuat batik Anda tahan lama. Anda juga bisa mendapatkan batik print yang berkualitas dengan mencari tahu proses cetak kain yang dilakukan. Pengetahuan akan hal ini membuat Anda memahami cara memilih batik print yang memiliki kualitas terbaik. Bisa juga dengan datang ke produsennya langsung jika membeli dalam jumlah yang banyak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *